Sabtu, 24 Januari 2015

Berapa Usia Ideal Untuk Menikah?



Usia Ideal Untuk Menikah

Menikah adalah tujuan hidup semua orang setelah mereka meraih kesuksesan, karena menikah juga sebagian dari ibadah. Semua orang tak ingin merasakan kegagalan dalam berumah tangga,oleh sebab itu saat ini menikah mereka memilih calon pendamping hidup yang terbaik agar tidak gagal dalam membina rumah tangga.Rata-rata usia pernikahan adalah 25 tahun untuk wanita dan 27 tahun untuk pria. Usia ideal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya perceraian pada pasangan menikah. Pada umur 20 tahun keatas, organ reproduksi perempuan sudah siap mengandung dan melahirkan. Sedangkan pada usia 35 tahun sudah mulai terjadi proses regeneratif. Secara psikologis, umur 20 juga sudah matang, bisa mempertimbangkan secara emosional dan nalar. Sudah tahu menikah bertujuan untuk apa. Kalau menikah di usia 12 tahun, pasti tidak tahu menikah itu bagaimana.
Menikah pada usia 22-25
Di usia ini adalah saat-saat kita baru saja lulus dari perguruan tinggi di mana kita merasa bahwasannya hidup ini sungguh indah, mungkin kita sedang menjalin hubungan dengan teman sekolah kita di SD, SMP atau teman kuliah kita dan ini di saat-saat kita memulai karir di mana kita merasa bahagia dengan orang-orang yang berada di sekitar kita.
Positivenya : Jika Kita dan pasangan berada di usia yang sama saat memiliki anak kita akan menjadi orang tua yang masih mudah, Bahkan saat anak kita lulus perguruan tinggi kita masih di usia 40-an di mana kita akan memulai petualangan baru sebagai pasangan dan juga bisa menemukan diri kita sendiri sebagai pasangan. Yang menakjubkan di usia ini kita sudah memiliki kesempatan memiliki keluarga besar!
Negativenya : Ketika kita berada di bawah 25 tahun mungkin kita belum begitu mengenal diri kita dengan sangat baik terutama untuk apa yang kita lakukan untuk kehidupan kita, apakah benar-benar yang terbaik? Kita juga mungkin tidak bisa mempercayai pasangan kita karena saat itu yang ada di dalam otak kita hanyalah hal indah. Maka jangan terkejut jika 20 tahun mendatang tiba-tiba kita akan menjadi sangat terbelakang dan akan membutuhkan anak-anak kita untuk mengajari kita tentang dunianya karena saat itu kita sibuk membesarkan anak-anak dan tidak berkesempatan mengikuti perkembangan jaman khususnya bagi seorang perempuan yang mengabdikan waktunya sepenuhnya untuk anak-anak mereka.
Menikah pada usia 25-30
Orang bilang di rentang usia ini adalah usia keemasan bagi seorang perempuan, di mana mereka mulai memiliki karir bagus dan juga tahu apa yang dia lakukan untuk hidupnya. Menemui dan berhubungan dengan pria 30-an akan membuat dia merasa sebagai seorang bintang.
Positivenya: Kita mengakhiri masa lajang kita dengan sempurnah karena kita ada bersama dengan seorang pria di level yang sama dalam hal karir dan ekonomi, di mana kita memiliki kesempatan untuk menikmati hidup dengan cara yang sama karena kita tahu apa yang kita inginkan dalam pernikahan ini. Tentunya, yang menjadi faktor utamanya aalah kematangan karir dan ekonomi membuat kita lebih mudah menyamakan persepsi tujuan dari sebuah pernikahan.
Negativenya: Menikah di usia ini merupakan hal yang sangat sulit bagi beberapa perempuan saat dia melahirkan seorang anak, dia akan berpikir keras bagaimana membesarkan anaknya karena dia tidak ingin kehilangan karir dan juga penghasilan yang cukup besar. Karena bisa jadi di usia ini seorang perempuan memiliki penghasilan yang lebih tinggi dari seorang lelaki. Walaupun semua dikembalikan ke pribadi masing-masing dan perlu di diskusikan dengan pasangan tentang bagaimana membesarkan anak-anak? Apakah kita akan memilih karir saja? Memilih anak? atau keduanya, tentunya keterbukaan dalam berkomunikasi memang dibutuhkan agar tidak terjadi perselisihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar